Wednesday, May 11, 2016

Release PKM FMIPA 1 UNJ 2016

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hai readers ! Malam ! Jumpa lagi kita dalam kesempatan kali ini !

Yaps, seperti biasa nih, saya mau cerita keceriaan hari ini. Mau tau apa jawabannya ? Jawabannya hari ini ada PKM FMIPA 1 loh …

Sebelum kita bahas lebih lanjut, sedikit cerita nih tadi saya salah dresscode gitu, semua itu gara gara “nobita” *nama disamarkan hehehe


Langsung ajalah yuk, check it out guys !!!

PKM FMIPA 1 dilaksanakan hari ini, Rabu 11 Mei 2016 di Gedung FMIPA lantai 3 ruang 3.6 – 3.7 Universitas Negeri Jakarta pukul 15.30 WIB.

Tepat pada pukul 15.30, registrasi sudah dimulai. Peserta mulai mengisi presensi yang sudah disediakan. Peserta mulai memasuki ruangan. Acara PKM FMIPA 1kali ini dipandu oleh Kak Eko Nurrachman*lagiiii (Pend. Matematika 2014) selaku pembawa acara. Setelah para peserta berkumpul, sekitar pukul 16.20 acara pun dimulai.

Seperti biasa sebelum memulai agenda yang baik ini, alangkah baiknya kita membuka materi ini dengan yang baik baik pula. Tilawah dibacakan oleh Wahyu Hutomo (Pend. Matematika 2015). Setelah tilawah, dilanjutkan sambutan-sambutan. Sambutan pertama diberikan oleh Kak Sigit Galih Nugroho (Pend. Matematika 2014) selaku ketua pelaksana PKM FMIPA, beliau berpesan “Ikutilah setiap rangkaian acara PKM FMIPA dengan totalitas”. Sambutan kedua diberikan oleh Kak Mohammad Hafizh (Pend. Matematika 2013) selaku ketua BEM FMIPA UNJ. Sambutan terakhir diberikan oleh Bapak Dr. Rusdi M.Biomed selaku Pembantu Dekan III.

Setelah sambutan-sambutan, acara selanjutnya masuk ke materi. Agenda ini dimoderatori oleh Kak Kak Sigit Galih (Pend. Matematika 2014). Pembicara kali ini adalah dari dosen kami tercinta, siapa lagi kalau bukan Bapak Dr. Rusdi M.Biomed (Pembantu Dekan III FMIPA UNJ).



Hari ini kita akan membahas “Sistem Tata Kelola dan Lingkungan Fakultas”. Sebelum masuk kemateri, Pak Rusdi menyinggung sedikit mengenai mawapres, beliau memaparkan apa saja sih “kriteria” untuk menjadi mawapres. Kalian penasaran ? Iya ? Sama, saya juga ! Ehehehe !

Bocoran sedikit nih, teruntuk mahasiswa FMIPA yang ingin jadi mawapres tahun depan, berikut kriteria yang ada :

·         IPK
Kenapa IPK ? Yap, jelas banget. Namanya juga “Mahasiswa Berprestasi”. Tentunya harus cerdas akademiknya.
·         Prestasi Non-akademik
Yap, kita tidak hanya butuh seseorang yang cerdas akademik, namun non-akademik pun dijadikan pertimbangan pula. Dengan kalian ikut organisasi, lomba-lomba, disitulah terdapat poin plus buat kalian nih para calon mawapres.
·         Bahasa Inggris
Hari gini banget, udah MEA jelas kemampuan berbahasa juga dipertimbangkan, kalian bayangkan 5 tahun kedepan ketika Indonesia, Negara kita tercinta ini dikuasai oleh orang-orang asing dan kita sebagai warna negara hanya bias diam apabila tidak mampu berkompetensi dengan mereka.
·         Karya Ilmiah
Tentunya kita akan menyusun skripsi, nah disinilah dikarya ilmiah ini kalian mulai belajar untuk menyusun skripsi itu. Mahasiswa harus bisa menciptakan sesuatu yang baru dan inovatif.

Setelah membahas mawapres, Pak Rusdi menjelaskan Tahapan Pembangunan Nasional. Saat ini tahun 2016, Indonesia sedang bersaing dalam lingkup regional. Regional mencakup ASEAN. Jika kalian sadar, sudah banyak orang asing yang berada di Indonesia untuk mencari pekerjaan. Oleh karena itu mulai sekarang kita harus siapkan diri kita, yang tidak bias dipungkiri dizaman yang modern ini bahasa inggris lah menjadi modal kita. Sekitar tahun 2020 Indonesia sudah masuk kedalam daya saing internasional. Visi Negara Indonesia pada tahun 2025 ini menjadi “Insan Indonesia Cerdas & Kompetitif”. (Kemenristek Dikti)

Selanjutnya, Pak Rusdi mengupas Kerangka Kompetensi Abad 21 (sumber : 21st century skills, education, competitiveness, partnership for 21st century, 2008) :

-          Informasi, Media dan Teknologi
-          Pembelajaran dan Inovasi
-          Kehidupan dan Karir

Pak Rusdi membahas pula mengenai Perluasan Dan Pendalaman Taksonomi Dalam Pencapaian Kompetensi. Beliau menjelaskan bahwa pada tahan SD pencapaian kompetensi pada anak dititik beratkan kepada pembentukan sikap dan pada tahap SD pula peserta didik sudah mulai melakukan observasi, menanya maupun melakukan eksperimen. Selanjutnya pada tahap SMP selain sikap, ketrampilan mulai dimunculkan, pada tahap ini peserta didik mulai menasosiasikan beberapa hal dengan hal yang lainnya. Tahap yang lebih tinggi ialah SMA, pada tahap ini ketrampilan anak dan pengetahuan anak sedang pesat-pesatnya, pada tahap ini pula komunikasi mulai dapat terjalin dengan baik. Tingkat yang terakhir adalah Perguruan Tinggi, ketrampilan sesungguhnya harus sudah mulai ada, pada tahap ini lah mahasiswa sudah harus mencipta, salah satu contoh karya mahasiswa ialah “skripsi”. (Marzano 1985, Bruner 1960)

Pemaparan dari Pak Rusdi tidak hanya sampai situ kawan ! Sekarang kita akan membahas mengenal Universitas Negeri Jakarta lebih dekat! For your information guys!!!, Universitas Negeri Jakarta sekarang berakreditasi “A”. Saat ini Kampus yang dulunya terkenal IKIP yang diakreditasi A hanyalah 2 di Indonesia, yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Negeri Malang (UM). Ohiya, 100% dosen di UNJ sudah mengambil S2 dan lebih dari 60% dosen FMIPA UNJ sudah mengambil S3.

Visi UNJ adalah “menajdi universitas yang memiliki keunggulan kompetitif dalam membangun masyarakat Indonesia yang maju, demokrasi dan sejahtera berdasarkan Pancasila di era globalisasi”.

Untuk mewujudkan visi tersebut, tentunya UNJ memiliki misi, berikut adalah Misi UNJ :

·         Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
·     Menyiapkan tenaga akademik yang bermutu, bertanggung jawab, dan mandiri di bidang pendidikan dan non-kependidikan.
·    Mengembangkan berbagia bentuk pengabdian masyarakat dibidang ilmu, teknologi dan seni.
·         Menciptakan budaya akademik yang kondusif bagi pemberdayaan semua potensi.
·         Memfungsikan dirinya selalu menjadi seseorang yang mampu menerapkan prinsip-prinsip enterpreneuship.
·         Melaksanakan kegiatan kewirausahaan dan kerjasama.

Selain itu UNJ juga memiliki Kompetensi Lulusan UNJ, yaitu :

o    Menguasai, menerapkan dan mengembangkan ilmu.
o    Kewirausahaan yang professional.
o    Kemampuan professional yang tinggi.
o Kemampuan meningkatkan kualitas diri, wawasan dan sikap dalam upaya proses internalisasi menunaikan tugas-tugas keprofesionalannya.
o    Kemampuan menciptakan ilmu.

Pak Rusdi sedikit menyinggung mengenai softskill dan hardskill, beliau memaparkan softskill adalah kemampuan mengelola dirinya sendiri dan oranglain. Softskill sangat dibutuhkan didalam bermasyarakat. Hal seperti berbicara, berhitung, menggambar, bernyanyi adalah contoh dari kegiatan yang disadari. Namun kesantuna, tata bicara yang sopan, perilaku yang santun bukanlah kegiatan yang disadari  namun semua kegiatan tersebut berada pada  sistem limbik, yaitu membutuhkan proses bukan dengan cuma-cuma. Dibutuhkan latihan dan dilakukan terus menerus agar menjadi suatu kebiasaan. Dari sistem limbik itulah yang nantinya membentuk “kecerdasan emosi”.

Dalam dunia kerja ada lima hal teratas yang penting, yaitu komuniaksi, kejujuran, bekerja sama, interpersonal dan beretika.

Setelah materi selesai, dibukalah sesi tanya jawab. Setelah itu acara segera ditutup karena mengingat waktu yang sudah semakin sore. Acara ditutup pada pukul 17.30 oleh Kak Eko selaku pembawa acara. Doa penutup dilantunkan oleh M. Nurilman Baehaqi (Siskom 2015).

 Sekian cerita PKM FMIPA 1 hari ini !!!

See you on PKM FMIPA 2

Tetap semangat kawan !!!

Tunggu cerita-ku di lain waktu !!!

================================================================

#PKMFMIPA2016_Eka Yunita Rahayu_Pendidikan Matematika_2015_Kelompok 14

#SINERGIdalamMENGINSPIRASI

#PKMFMIPAUNJ2016

================================================================

Twitter : @bemfmipaunj

Facebook : BEM FMIPA UNJ

IG : @bemf_mipaunj

No comments:

Post a Comment